Olahraga Pagi Paling Bagus Untuk Perbaiki Kualitas Tidur



Olahraga Pagi Paling Bagus Untuk Perbaiki Kualitas Tidur [ www.BlogApaAja.com ]

Banyak orang malas olahraga pagi karena masihmengantuk dan ingin melanjutkan tidur. Padahal menurut penelitian, pagi hariadalah waktu terbaik untuk olahraga bagi yang ingin memperbaiki kualitas tiduragar tidak gampang mengantuk.

Sering mengantuk, sejak bangun tidur hinggasepanjang hari merupakan dampak dari kualitas tidur yang buruk. Meski sudahtidur lebih dari 8 jam sehari, apabila kualitasnya buruk maka akibatnya tetapmembuat tubuh cepat lebih dan sering mengantuk.

Dalam jangka panjang, kualitas tidur yangburuk akan berakibat pada risiko gangguan kesehatan lain yang lebih serius.Berbagai penyakit kronis seperti diabetes, gangguan jantung, obesitas, gangguandepresi hingga kanker saat ini makin sering dikaitkan dengan kualitas tiduryang buruk.

Berbagai penelitian menunjukkan, olahragacukup efektif memperbaiki kualitas tidur dan mengurangi berbagai risikokesehatan tersebut. Dibandingkan pada waktu lainnya, olahraga pada pagi haridiyakini paling bermanfaat dalam kaitannya dengan kualitas tidur.

Penelitian yang dilakukan di Appalachian StateUniversity tersebut melibatkan sejumlah partisipan orang dewasa. Parapartisipan diminta melengkapi kuesioner tentang pola tidur dan kualitasnya,lalu dibandingkan dengan hasil pemeriksaan di laboratorium tidur.

Hasil pengamatan itu kemudian dibandingkanlagi dengan hasil pengisian kuesioner tentang kebiasaan berolahraga. Salah satuyang ditanyakan dalam kuesioner tersebut adalah waktu-waktu yang paling disukaiuntuk melakukan olahraga rutin setiap hari.

Setelah dianalisis, para ilmuwan menyimpulkanbahwa waktu olahraga dapat mempengaruhi kualitas tidur. Partisipan yang lebihsering berolahraga sekitar pukul 7 pagi memiliki kualitas tidur yang lebih baikdibandingkan yang lebih sering olahraga pukul 1 siang atau pukul 7 malam.

Olahraga di pagi hari bisa meningkatkan durasitidur hingga 85 persen pada fase tidur ringan, serta 75 persen pada fase tidurnyenyak. Selain itu, frekuensi tidur juga meningkat 20 persen yang artinyapartisipan tersebut lebih jarang mengalami gangguan tidur.

"Olahraga terbukti meningkatkan kualitastidur dan tim kami kembali membuktikan bahwa waktu yang tepat untuk berolahragabisa memaksimalkan manfaat tersebut," kata Prof Scott Collier, PhD, FACSMyang melakukan penelitian tersebut, seperti dikutip dari Emaxhealth.


Follow On Twitter